Ini Yang Terjadi Jika Kamu Melewatkan Sunscreen, Dari Jerawat Hingga Kanker Kulit.

Sebagus apapun klaim yang diberikan oleh produk skincare favoritmu dan semahal apapun serum anti-aging kamu, namun jika kulit tidak mendapatkan proteksi dari paparan sinar UV maka sudah pasti kulit kamu akan mengalami efek negatif dari sinar UV.

Kenapa sunscreen menjadi skincare yang harus kamu gunakan setiap hari? Karena sunscreen dapat melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet. Sinar UV terdiri dari 3 jenis, yaitu sinar UVA, sinar UVB, dan sinar UVC dimana masing-masing sinar tersebut memiliki peran yang berbeda dalam merusak jaringan kulit.

· Sinar UVA dapat memicu timbulnya jerawat, penggelapan warna kulit, dan kulit terbakar. Dalam jangka panjang, sinar UVA juga dapat menyebabkan kanker kulit akibat sel-sel kulit yang rusak.

· Sinar UVB terbukti berpengaruh terhadap faktor penyebab penuaan dini, seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam. Sinar UVB ini juga dapat menembus lapisan kaca sehingga sunscreen perlu digunakan meski tidak keluar rumah maupun saat berkendara di mobil.

· Kandungan lainnya, yaitu sinar UVC sering disebut sebagai penyebab kanker kulit. Namun belum ada hasil penelitian yang lebih detail mengenai hal ini.

Maka dari itu, apapun kegiatanmu pastikan selalu mengaplikasikan sunscreen di pagi & siang hari. Terutama di Indonesia, intensitas sinar UV cukup tinggi jadi kamu bisa menggunakan sunscreen SPF 50 sehingga perlindungan lebih optimal. Begitupun jika kamu gemar berolahraga outdoor atau renang, pilihlah tabir surya yang bersifat waterproof.

Selain mengandung SPF, cari tabir surya yang memiliki label PA++++. Dengan kandungan bahan tersebut mampu melindung kulit dari sinar UVA yang dapat memicu kanker pada kulit. Agar manfaatnya maksimal, gunakan tabir surya 30 menit sebelum Anda keluar beraktivitas di bawah matahari dan ulangi pemakaian tabir surya setiap 3 atau 4 jam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *